Khubuka-13 | Klaim Asuransi | Undangan

Klaim Asuransi Dalam Berwiraswasta Serta Permasalahannya
Dalam berwiraswasta tentu tidak ada seorang pun yang bercita-cita agar usaha atau perusahaan yang dikelolanya mengalami kerugian, kebanyakan orang akan bercita-cita agar memiliki usaha yang berhasil, memiliki kekayaan dan nama baik [good-will] dalam dunia usaha. Seorang wiraswasta yang baik, tentu akan upaya menghindari terciptanya kondisi kerugian yang besar terhadap usaha dan investasi yang telah dilaksanakan, karena dengan adanya sebuah kerugian secara langsung atau tak langsung dapat mengakibatkan terciptanya kondisi pailit, walaupun kepailitan tidak selalu merupakan ujung akhir dari berjalannya sebuah perusahaan.
Begitu pula terhadap kegiatan usaha [perorangan maupun perusahaan] yang telah maju, akan semakin banyakinvestasi yang diberikan guna menunjang berjalannya sebuah usaha. Berbagai bentuk investasi yang biasa dilakukan oleh para wiraswastawan/ti antara lain dalam bentuk kendaraan [mobil, motor, truk] sebagai alat tranportasi pendukung pengangkutan darat. Dalam prakteknya banyak perusahaan [baik itu perusahaan perorangan, atau badan usaha yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum], menempatkan investasi mereka dalam bentuk kendaraan bermotor, yang hampir secara menyeluruh dimaksudkan untuk menunjang berjalannya sebuah perusahaan semakin efektif, efisien serta menunjang bonafiditas pengusaha.
Berkaitan dengan topik “klaim asuransi dalam berwiraswasta serta permasalahannya” maka untuk tema tersebut, pokok permasalahan yang kami tetapkan sebatasperlindungan kepada tertanggung atau pemegang polis atas objek asuransi yang berupa kendaraan bermotor dalam mengajukan klaim serta upaya hukum yang dimungkinkan.
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian, telah diatur bahwa Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi adalah perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti ; atau memberikan pembayaran yang didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.Undang-Undang ini relatif baru di Indonesia yang mulai berlaku sejak tanggal 17 Oktober 2014.
Tujuan perjanjian asuransi adalah memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian. Jika tertanggung mengalami salah satu peristiwa seperti yang tercantum dalam polis, tertanggung berhak untuk mengajukan klaim. Namun pada prakteknya, tidak semua klaim dapat diterima oleh perusahaan asuransi, sehingga untuk memecahkan masalah tersebut dibutuhkan adanya upaya hukum. Untuk itu Fakultas Hukum Universitas Wiraswasta Indonesia bekerjasama dengan Advokat RGS & Mitra, memandang perlu untuk membahas permasalahan yang penting untuk diketahui masyarakat awam maupun yang terhubung dalam dunia virtual, untuk hadir pada :
Kegiatan : Kuliah Hukum Terbuka Ke-13 [KHUBUKA-13]
Tema : Klaim Asuransi Dalam Berwiraswasta Serta Permasalahannya
Hari | Tanggal | Waktu :
Sabtu | 28 Februari 2015 | 14:00 s.d. selesai
Tempat : Lt. 4 Fakultas Hukum Universitas Wiraswasta Indonesia  
Jln. Jatinegara Barat No. 157 Jakarta Timur
Narasumber-1 :
Robaga Gautama Simanjuntak, SH. MH
Advokat / Dosen FH-UWIN

Narasumber-2 :
Izhar Z.Nasution, SE, MH  AAAI-K, QIP
[Praktisi Klaim Asuransi]
Ketentuan Pendaftaran

Biaya :  
Rp. 25.000,-untuk pelajar, mahasiswa, guru/dosen, peserta Khubuka [terdahulu]
Rp. 100.000,- untuk umum.
Mohon membawa kartu pengenal pada saat registrasi.
Gratis Untuk Seluruh Civitas Academica Universitas Wiraswasta Indonesia.
Pendaftaran dapat dilaksanakan melalui sms : 0815-1177-1888
Fasilitas : Makalah + Snack + Sertifikat Peserta 
Gratis [Terbatas] CD Data Himpunan Peraturan Asuransi Advokat RGS & Mitra.